Pelaku Pungli Jadi Loyo Setelah Diamankan PolisiĀ 

Senin, 20 Desember 2021

INHILKLIK.COM,SERGAI, | Tak membutuhkan waktu lama setelah viral, pria yang kerap disapa netizen 'Bang Jago' ini, yang melakukan aksi pungutan liar (pungli) terhadap sopir angkutan umum di Kecamatan Perbaungan, Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara, berhasil diamankan polisi.

Pelaku diamankan oleh tim gabungan Satreskrim Polres Sergai dan Unit Reskrim Polsek Perbaungan pada, Minggu (19/12/2021) sekitar pukul 20.15 WIB, di lampu merah Timbangan Lubuk Pakam, Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deliserdang.

Adapun identitas pelaku bernama Hendra Syahputra Sirabang (25) warga Jalan Sena Lingkungan Tempel, Kelurahan Simpang Tiga Pekan Kecamatan Perbaungan, Sergai. 

Hendra tak berkutik saat dirinya diamankan polisi. Gayanya yang awalnya sok jago, lemas tak berdaya saat sudah berada di dalam kantor polisi. 

Dalam video permintaan maaf oleh dirinya, Hendra mengaku meminta maaf kepada sopir angkutan umum khususnya di Perbaungan, dan berjanji tidak mengulangi perbuatannya lagi.

Diketahui aksi pungli terhadap sopir angkutan umum yang dilakukan Hendra tepatnya di Halte Simpang Sena Samping SPBU Perbaungan. Dan aksi pria berusia 25 tahun ini viral pada, Sabtu (18/12/2021). 

Informasi yang diperoleh wartawan, Hendra sudah melakukan aksi pungli ke sopir angkutan umum tersebut, sejak dua Minggu yang lalu dan setiap harinya. 

"Diketahui pada, Sabtu (18/122021) sekitar pukul 12.30 WIB, Kanit Reskrim Polsek Perbaungan Ipda Zulfan Ahmadi, mendapat Informasi tentang adanya video yang viral terkait pemerasan terhadap seorang sopir angkutan umum tujuan Perbaungan-Medan. Kejadian ini terjadi di Halte Simpang Sena, Samping SPBU Perbaungan," ujar Kapolsek Perbaungan, Iptu Mantho Pandiangan, Senin (20/12/2021). 

Lanjutnya, Kanit Reskrim menemukan video viral tersebut pada media sosial Instagram milik akun "berita_medan punyacerita", yang setelah dilakukan penyelidikan benar, kejadian pungli tersebut terjadi di Halte Simpang Sena Samping SPBU Perbaungan.

"Jadi pelaku bernama Hendra ini melakukan pungli sejak, Rabu (24/11/2021) sekitar pukul 15.45 WIB.  pelaku meminta sejumlah uang kepada sopir angkutan umum jurusan Perbaungan-Medan bermarga Tambunan,"ujarnya.

"Menindaklanjuti video viral tersebut, kemudian dibentuk tim gabungan Sat Reskrim Polres Sergai dan Unit Reskrim Polsek Perbaungan untuk melakukan penyelidikan. Dan penangkapan terhadap pelaku video viral tersebut yang diketahui bernama Hendra Syahputra Sirabang," imbuhnya. 

"Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, pelaku dibawa ke Polsek Perbaungan guna dilakukan pemeriksaan dan mempertanggung jawabkan perbuatannya,"tutup Kanit.